ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN DHF

ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN DHF
 
         Image Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) atau disebut Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan perdarahan. 
          Ditahun 2012 ini cuaca indonesia tak tentu, kadang hujan kadang tidak ini menyebabkan banyaknya genangan air kecil. Genangan ari ini dijadikan nyamuk sebagai tempat tinggal edialnya. Tak heran bila banyak berita mengenai meningkatnya penyakit deman berdarah dengue.dengan menambahnya tingkat sakit di masyarakat terhadap DHF, maka peran perawat dalam melakukan asuhan keperawatan harus lebih efektif. Berikut mengenai asuhan keperawatan pasien dengan DHF,
 
Pengkajian
 
a. Data subyektif
  • Lemah.
  • Panas atau demam.
  • Sakit kepala.
  • Anoreksia, mual, haus, sakit saat menelan.
  • Nyeri ulu hati.
  • Nyeri pada otot dan sendi.
  • Pegal-pegal pada seluruh tubuh.
  • Konstipasi (sembelit).

 
b. Data obyektif
  • Suhu tubuh tinggi, menggigil, wajah tampak kemerahan.
  • Mukosa mulut kering, perdarahan gusi, lidah kotor.
  • Tampak bintik merah pada kulit (petekia), uji torniquet (+), epistaksis, ekimosis,
  • Hiperemia pada tenggorokan.
  • Nyeri tekan pada epigastrik.
  • Pada palpasi teraba adanya pembesaran hati dan limpa.
  • Pada renjatan (derajat IV) nadi cepat dan lemah, hipotensi, ekstremitas dingin,gelisah, sianosis perifer, nafas dangkal.
Pemeriksaan laboratorium pada DHF akan dijumpai :
  • Ig G dengue positif.
  • Trombositopenia.
  • Hemoglobin meningkat > 20 %.
  • Hemokonsentrasi (hematokrit meningkat).
  • Hasil pemeriksaan kimia darah menunjukkan hipoproteinemia, hiponatremia, hipokloremia.
Pada hari ke- 2 dan ke- 3 terjadi leukopenia, netropenia, aneosinofilia, peningkatan limfosit, monosit, dan basofil
  • SGOT/SGPT mungkin meningkat.
  • Ureum dan pH darah mungkin meningkat.
  • Waktu perdarahan memanjang.
  • Asidosis metabolik.
  • Pada pemeriksaan urine dijumpai albuminuria ringan.
Diagnosa Keperawatan
 
Diagnosa keperawatan yang ditemukan pada pasien DHF (Christiante Effendy, 1995) yaitu :
  1. Peningkatan suhu tubuh berhubungan dengan proses penyakit (viremia).
  2. Nyeri berhubungan dengan proses patologis penyakit.
  3. Gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi kurang dari kebutuhan berhubungan dengan mual, muntah, anoreksia.
  4. Kurangnya volume cairan tubuh berhubungan dengan peningkatan permeabilitas dinding plasma.
  5. Gangguan aktivitas sehari-hari berhubungan dengan kondisi tubuh yang lemah.
Intervensi Keperawatan
 
1. Peningkatan suhu tubuh berhubungan dengan proses penyakit (viremia).
Tujuan :
  • Suhu tubuh normal (36 – 370C).
  • Pasien bebas dari demam.
Intervensi :
  • Kaji saat timbulnya demam. Rasional : untuk mengidentifikasi pola demam pasien.
  • Observasi tanda vital (suhu, nadi, tensi, pernafasan) setiap 3 jam. Rasional : tanda vital merupakan acuan untuk mengetahui keadaan umum pasien.
  • Anjurkan pasien untuk banyak minum (2,5 liter/24 jam.±7). Rasional : Peningkatan suhu tubuh mengakibatkan penguapan tubuh meningkat sehingga perlu diimbangi dengan asupan cairan yang banyak.
  • Berikan kompres hangat. Rasional : Dengan vasodilatasi dapat meningkatkan penguapan yang mempercepat penurunan suhu tubuh.
  • Anjurkan untuk tidak memakai selimut dan pakaian yang tebal. Rasional : pakaian tipis membantu mengurangi penguapan tubuh.
  • Berikan terapi cairan intravena dan obat-obatan sesuai program dokter. Rasional : pemberian cairan sangat penting bagi pasien dengan suhu tinggi.
2. Nyeri berhubungan dengan proses patologis penyakit.
Tujuan :
  • Rasa nyaman pasien terpenuhi.
  • Nyeri berkurang atau hilang.
Intervensi :
  • Kaji tingkat nyeri yang dialami pasien. Rasional : untuk mengetahui berapa berat nyeri yang dialami pasien.
  • Berikan posisi yang nyaman, usahakan situasi ruangan yang tenang. Rasional : Untuk mengurangi rasa nyeri
  • Alihkan perhatian pasien dari rasa nyeri. Rasional : Dengan melakukan aktivitas lain pasien dapat melupakan perhatiannya terhadap nyeri yang dialami.
  • Berikan obat-obat analgetik. Rasional : Analgetik dapat menekan atau mengurangi nyeri pasien.
3. Gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi, kurang dari kebutuhan berhubungan dengan
 
mual, muntah, anoreksia.
Tujuan :
Kebutuhan nutrisi pasien terpenuhi, pasien mampu menghabiskan makanan sesuai dengan posisi yang diberikan /dibutuhkan.
 
Intervensi :
  • Kaji keluhan mual, sakit menelan, dan muntah yang dialami pasien. Rasional : Untuk menetapkan cara mengatasinya.
  • Kaji cara / bagaimana makanan dihidangkan. Rasional : Cara menghidangkan makanan dapat mempengaruhi nafsu makan pasien.
  • Berikan makanan yang mudah ditelan seperti bubur. Rasional : Membantu mengurangi kelelahan pasien dan meningkatkan asupan makanan .
  • Berikan makanan dalam porsi kecil dan frekuensi sering. Rasional : Untuk menghindari mual.
  • Catat jumlah / porsi makanan yang dihabiskan oleh pasien setiap hari. Rasional : Untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan nutrisi.
  • Berikan obat-obatan antiemetik sesuai program dokter. Rasional : Antiemetik membantu pasien mengurangi rasa mual dan muntah dan diharapkan intake nutrisi pasien meningkat.
  • Ukur berat badan pasien setiap minggu. Rasional : Untuk mengetahui status gizi pasien
4. Kurangnya volume cairan tubuh berhubungan dengan peningkatan permeabilitas dinding plasma.
Tujuan :
  • Volume cairan terpenuhi.
Intervensi :
  • Kaji keadaan umum pasien (lemah, pucat, takikardi) serta tanda-tanda vital. Rasional : Menetapkan data dasar pasien untuk mengetahui penyimpangan dari keadaan normalnya.
  • Observasi tanda-tanda syock. Rasional : Agar dapat segera dilakukan tindakan untuk menangani syok.
  • Berikan cairan intravena sesuai program dokter. Rasional : Pemberian cairan IV sangat penting bagi pasien yang mengalami kekurangan cairan tubuh karena cairan tubuh karena cairan langsung masuk ke dalam pembuluh darah.
  • Anjurkan pasien untuk banyak minum. Rasional : Asupan cairan sangat diperlukan untuk menambah volume cairan tubuh.
  • Catat intake dan output. Rasional : Untuk mengetahui keseimbangan cairan.
5. Gangguan aktivitas sehari-hari berhubungan dengan kondisi tubuh yang lemah.
Tujuan :
  • Pasien mampu mandiri setelah bebas demam.
  • Kebutuhan aktivitas sehari-hari terpenuhi
Intervensi :
  • Kaji keluhan pasien. Rasional : Untuk mengidentifikasi masalah-masalah pasien.
  • Kaji hal-hal yang mampu atau yang tidak mampu dilakukan oleh pasien. Rasional : Untuk mengetahui tingkat ketergantungan pasien dalam memenuhi kebutuhannya.
  • Bantu pasien untuk memenuhi kebutuhan aktivitasnya sehari-hari sesuai tingkat keterbatasan pasien. Rasional : Pemberian bantuan sangat diperlukan oleh pasien pada saat kondisinya lemah dan perawat mempunyai tanggung jawab dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari pasien tanpa mengalami ketergantungan pada perawat.
  • Letakkan barang-barang di tempat yang mudah terjangkau oleh pasien. Rasional : Akan membantu pasien untuk memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan orang lain.
Daftar Pustaka
  • Buku ajar IKA infeksi dan penyakit tropis IDAI Edisi I. Editor : Sumarmo, S Purwo Sudomo, Harry Gama, Sri rejeki Bag IKA FKUI jkt 2002.
  • Christantie, Effendy. SKp, Perawatan Pasien DHF. Jakarta, EGC, 1995
  • Prinsip – Prinsip Keperawatan Nancy Roper hal 269 – 267

HEALJACK

model jaket HEALCORP 2011

type simple 1 abu abu

type simple 2 merah

type black nurse

type Simle 23

type blezier jacket black 007

other design

KEPRIBADIAN di FACEBOOK???

KEPRIBADIAN ??????,,,,FACEBOOK ??????… Ternyata, kita dapat mengetahui kepribadian seseorang lewat facebook. tips untuk kamu yang ingin mengetahui kepribadian seseorang dari cara mereka menulis Status di Facebook nya.

Tipe pribadi  mu!

  1. Manusia Super Update : Kapanpun dan di manapun selalu update status. Statusnya tidak terlalu panjang tapi terlihat bikin risih, karena hal-hal yang tidak terlalu penting juga dipublikasikan.
  2. Manusia Melankolis: Biasanya selalu curhat di status. Entah karena ingin banyak diberi komentar dari teman-temannya atau hanya sekedar menuangkan unek-uneknya ke facebook. Biasanya orang tipe ini menceritakan kisahnya dan terkadang menanyakan solusi yg terbaik kepada yang lain.
  3. Manusia Tukang Ngeluh
    Pagi, siang, malem, semuanya selalu ada aja yang dikeluhkan.

    Contoh : ” Jakarta maceeet..!! Panas pula..”, “Aaaargh ujan, padahal baru nyuci mobil..sialan. .!!”, “Males ngapa2in.. cape hati gara2 si do’ i..”, dsb.

  4. Manusia Sombong

    Mungkin beberapa dari mereka ga berniat menyombongkan diri, tapi terkadang orang yang melihatnya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalo statusnya itu kelewat sombong, dan malah bikin sebel.
    Contoh : “Otw ke Paris ..!!”, “BMW ku sayang, saatnya kamu mandi..aku mandiin ya sayang..”, “Duh, murah-murah banget belanja di Singapur, bow,”

  5. Manusia Puitis
    Dari judulnya udah jelas. Status nya selalu diisi dengan kata-kata mutiara, tapi ga jelas apa maksudnya. Bikin kita terharu? Bikin kita sadar atas pesan tersembunyinya? atau cuma sekedar memancing komentar? Sampai saat ini, tipe orang seperti ini masih dipertanyakan.
    Contoh : “Kita masing-masing adalah malaikat bersayap satu. Dan hanya bisa terbang bila saling berpelukan”, “Mencintai dan dicintai adalah seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi”, “Jika kau hidup sampai seratus tahun, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah hidup tanpamu”.
  6. Manusia in English
    Tipe manusianya bisa seperti apa saja, apakah melankolis, puitis, sombong dan sebagainya. Tapi dia berusaha lebih keren dengan mengatakannya dalam bahasa Inggwis Gicyu Low..
    Contoh : “Tie and Chair..”, “I can tooth, you Pink sun..” dsb..
  7. Manusia Lebay
    Updatenya selalu bertema ‘gaul’ dengan menggunakan bahasa dewa.. ejaan yang dilebaykan..
    Contoh..” met moulnin all.. pagiiieh yg cewrah… xixiixi”
  8. Manusia Sok Tau..
    Sotoy tenarnya. Padahal dia sendiri tidak tahu apa yang ditulisnya.
    Contoh : “Pemerintah selalu memanjakan rakyatnya.. bla..bla…bla,”
  9. Tipe Misterius
    Tipe yang biasanya bikin banyak orang bertanya tanya atas apa maksud
    dari status orang tersebut..Biasanya dalam suatu kalimat membutuhkan
    Subjek + Predikat + Objek + Keterangan. Tapi orang tipe ini mungkin
    hanya mengambil beberapa atau malah hanya 1 saja..Dan pastinya
    mengundang kontroversi.
    Contoh : “Sudahlah..” , “Telah berakhir..”

ANEMIA

Anemia (dalam bahasa Yunani: Tanpa darah) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh .

Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau kapasitas pembawa oksigen tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, yang bervariasi menurut umur, jenis kelamin, ketinggian, merokok, dan status kehamilan.

Kekurangan zat besi diduga menjadi penyebab paling umum dari anemia global, meskipun kondisi lain, seperti folat, vitamin B12 dan kekurangan vitamin A, peradangan kronis, infeksi parasit, dan kelainan bawaan semua bisa menyebabkan anemia.

Dalam bentuk yang berat, hal ini terkait dengan kelelahan, pusing kelemahan, dan kantuk. Wanita hamil dan anak-anak sangat rentan.

Penyebab umum dari anemia:

Seperti klasifikasi yang sama lebih dari anemia (hemoglobin rendah) didasarkan pada MCV, atau volume individu sel darah merah.

  • Jika MCV rendah (kurang dari 80), anemia dikategorikan sebagai anemia mikrositik (volume sel yang rendah).
  • Jika MCV adalah dalam kisaran normal (80-100), itu disebut anemia normositik (volume sel normal).
  • Jika MCV tinggi, maka disebut anemia makrositik (volume sel besar).

Pencegahan anemia tergantung dari penyebabnya. Suplemen terbaik adalah zat besi, asam folat dan vitamin B12 untuk mencegah anemia defisiensi zat besi. Anemia tidak dapat dicegah jika penyebabnya adalah karena cacat bawaan (genetik), anemia aplastik, thalasemia dan anemia sel sabit. Makan diet seimbang yang mengandung biji – bijian seperti kacang kedelai dan kacang hijau yang mengandung vitamin, zat besi dan asam folat membantu pembentukan sel darah merah. pilihan lain makanan yang banyak mengandung zat besi adalah sereal, daging merah, kuning telur, sayuran berdaun hijau, sayuran kuning dan buah-buahan, kulit kentang, tomat, molasses, dan kismis.

SEMOGA BERMANFAAT

KEPUSTAKAANwww.who.int/topics/anaemia/en/, dokter-herbal.com/anemia.htmlwww.medicinenet.com/anemia/article.htm, obat-penyakit.com/anemia.html, id.wikipedia.org/wiki/Anemia, www.zonakesehatan.com/gejala-penyebab-anemia-dan-cara-pencegahan-anemia.html,

apa itu R4D1451

Istilah RADIASI sering dianggap menyeramkan, sesuatu yang membahayakan, mengganggu kesehatan bahkan keselamatan. Padahal di sekitar kita baik di rumah, di kantor, maupun di tempat-tempat umum, ternyata banyak sekali radiasi. Radiasi pada dasanya adalah suatu cara perambatan energi dari sumber energi ke lingkungannya tanpa membutuhkan panas. Beberapa contoh adalah perambatan panas, cahaya, dan gelombang radio. Spektrum gelombang elektromagnetik yang kita ketahui mencakup
Baca lebih lanjut

CITRUS Aurantifolia VS HIPERTENSI

hipertensihipertensi1Tekanan Darah Tinggi (hipertensi) adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Secara umum, hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri menyebabkan
Baca lebih lanjut

MENCURANGI KOMPUTER WARNET

pahwawan45

Artikel ini saya buat karena lagi gak ada kerjaan aja….

. Buat anda yang merasa udah pinter ato udah tau caranya sangat disarankan untuk tidak usah

membaca artikel ini karena hanya membuang2 waktu anda yang sangat berharga.

Cara ini saya dapetin pas temen saya punya cara buat

ngakalin billing warnet supaya gratis. Gak tau juga sih dia dapet ide dari mana.malah dia ngajarin aku biar tau.

Kalau cara yang ada di X-Code Magz vol4 itu cuma bisa untuk Billing

Baca lebih lanjut

SI LIUR EMAS

PAHWAWAN45Itulah kata-kata yang pantas untuk burung yang bernama walet ini. hanya dengan liurnya dapat menghasilkan uang. namun sulit untuk mendapatkan hasil liurnya itu, karena biasanya hanya terdapat di Gua yang besar. walet sangat suka tempat yang lembab seperti udara didalam Gua dan memiliki bebatuan untuk membuat sarangnya.

Budi daya burung wallet memang sudah lama dilakukan, tetapi pada awalnya orang tidak menyediakan rumah khusus untuk wallet. Akibatnya, burung wallet hanya
Baca lebih lanjut

MINAL AIDIN WAL FAIDZIN

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1431 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

DENGAN HARI YANG SUCI INI, SELAYAKNYALAH UNTUK SALING BERMAAFAN SALING BERSILATURAHIM dan SALING BERBAGI KEPADA SESAMA UMAT BAIK DI DUNIA NYATA MAUPUN DI DUNIA MAYA….

TIPS MEMBUAT ANIMASI GIF using IMAGE READY

ASSBanyak aplikasi yang dapat dipergunakan untuk membuat animasi/gambar

bergerak antara lain berformat Gif (graphics interchange format) ialah MS Gif

Animator (freeware Dari Microsoft.) Ulead gif animator (licensi Ulead Corp.)

Adobe ImageReady 7.0 (licensi dari Adobe) dll.

Sengaja pada pembahasan kali ini membahas pembuatan animasi gif

mempergunakan Adobe ImageReady 7.0, karena Aplikasi ini biasanya
Baca lebih lanjut